Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kesalahan dalam Dijitasi Titik (Point)

Kesalahan dalam Dijitasi Titik (Point) - Kesalahan dalam Dijitasi Titik (Point) – Proses dijitasi merupakan hal yang sering dilakukan untuk membuat data spasial. Baik mendijitasi titik, garis, ataupun poligon. Namun dalam proses tersebut biasanya sering kali terdapat kesalahan. Secara sederhana, pengertian dijitasi merupakan proses mengkonversi objek geografis dari data raster ke vektor dengan menggunakan software (misal ArcGIS). Dalam artikel ini membahas kesalahan dalam mendijitasi titik / point.

Objek geografis yang didijitasi dalam bentuk point contohnya adalah lokasi rumah sakit, sekolah, bank, ibokota, dan lain-lain.

Adapun kesalahan yang sering terjadi pada saat mendijitasi titik sebagai berikut :

047_01

Dalam dijitasi titik, kesalahan yang sering terjadi adalah bertampalannya atau bertumpuknya dua atau lebih titik pada lokasi yang sama. Hal ini bias benar ataupun salah. Apabila kedua atau lebih data itu memang memiliki nilai attribute yang berbeda maka hal itu bisa dibenarkan, akan tetapi jika kedua atau lebih data tersebut adalah data yang sama atau artinya terdapat duplikasi data maka data itu salah maka harus di delete atau dihapus agar tidak membuat salah hasil analisis.

Untuk contoh terdapat data yang terdapat duplikasinya seperti dibawah ini 

047_02

Untuk menghapus data yag terdapat duplikasi seperti contoh diatas (missal nilai ID nya sama dan pada lokasi yang bertampalan seperti gambar diatas) maka bisa menggunakan perintah “Delete Identical” pada ArcGIS.

    
mapgeek.id                                   mapgeekvid

Kasus diatas adalah kesalahan yang sering terjadi pada saat mendijitasi titik atau point.

artkiel ini, Kesalahan dalam Dijitasi Titik (Point) dibuat oleh gispedia

Posting Komentar untuk "Kesalahan dalam Dijitasi Titik (Point)"