Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Penginderaan Jauh

Penginderaan jauh adalah ilmu dan seni untuk memperoleh informasi tentang suatu objek, daerah atau fenomena melalui analisis data yang diperoleh dengan suatu alat tanpa kontak langsung dengan objek, daerah atau fenomena yang dikaji (Lillesand and Kiefer, 1979).


adapun pengertian yang lain, penginderaan jauh adalah ilmu untuk memperoleh, mengolah dan menginterpretasi citra yang telah direkam yang berasal dari interaksi antara gelombang elektromagnetik dengan sutau objek (Sabins, 2007).

Komponen penginderaan jauh terdiri dari sumber tenaga, atmosfer, interaksi antara tenaga dan objek, sensor dan wahana, perolehan data. Secara ilustrasi seperti gambar dibawah ini



Secara sederhana sumber energi memancarkan gelombang elektromagnetik ke objek di permukaan bumi. Gelombang elektromagnetik yang diterima oleh objek sebagian dipantulkan (reflektan) dan terekam oleh sensor pada wahana. Data yang terekam selanjutnya ditransfer ke stasiun penerima di bumi, setelah itu data tersebut diolah sesuai dengan kebutuhan lapangan.

Gambar dibawah ini adalah contoh data penginderaan Jauh :


Salah satu yang perlu diketahui dalam penginderaan jauh ialah jndela atmosfer yang bisa dibaca pada artikel berikut.

artkiel ini, Pengertian Penginderaan Jauh dibuat oleh gispedia 

1 komentar untuk "Pengertian Penginderaan Jauh"