Sistem Informasi Geografis, SIG, Geographic Information System, GIS, Penginderaan Jauh, Remote Sensing, Citra Satelit, Satellite Imagery

Pengertian Penginderaan Jauh

Artikel terkait : Pengertian Penginderaan Jauh

Pengertian Penginderaan Jauh – Penginderaan jauh adalah ilmu dan seni untuk memperoleh informasi tentang suatu objek, daerah atau fenomena melalui analisis data yang diperoleh dengan suatu alat tanpa kontak langsung dengan objek, daerah atau fenomena yang dikaji (Lillesand and Kiefer, 1979).


adapun pengertian yang lain, penginderaan jauh adalah ilmu untuk memperoleh, mengolah dan menginterpretasi citra yang telah direkam yang berasal dari interaksi antara gelombang elektromagnetik dengan sutau objek (Sabins, 2007).

Komponen penginderaan jauh terdiri dari sumber tenaga, atmosfer, interaksi antara tenaga dan objek, sensor dan wahana, perolehan data. Secara ilustrasi seperti gambar dibawah ini


030_01

Secara sederhana sumber energi memancarkan gelombang elektromagnetik ke objek di permukaan bumi. Gelombang elektromagnetik yang diterima oleh objek sebagian dipantulkan (reflektan) dan terekam oleh sensor pada wahana. Data yang terekam selanjutnya ditransfer ke stasiun penerima di bumi, setelah itu data tersebut diolah sesuai dengan kebutuhan lapangan.

Gambar dibawah ini adalah contoh data penginderaan Jauh :


030_02

artkiel ini, Pengertian Penginderaan Jauh dibuat oleh gispedia di www.gispedia.com

Terima kasih telah berkunjung di Pengertian Penginderaan Jauh

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan - 2h 45min

gis pedia

Artikel GISPEDIA Lainnya :

1 comments:

Copyright © 2015 GISPEDIA
close