Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ruang dan Geografi (Definisi Beberapa Istilah Terkait Ruang Dalam Geografi)


Dalam memahami ilmu geografi alangkah baiknya memahami beberapa istilah terkait ruang yang sering digunakan, hal ini dimaksudkan karena seringnya salah pengertian atau pemahan dari istilah-istilah tersebut.

Adapun beberapa istilah terkait ruang dalam geografi tersebut, yaitu:

ruang lokasi, tempat, wilayah

Pertama-tama, perlu dipahami bahwa geografi adalah ilmu yang mempelajari kesamaan dan keunikan suatu tempat/wilayah, aktivitas manusia dan organisasinya (proses dan pola dalam ruang), dan hubungan antara satu wilayah dengan wilayah lainnya. Pengertian geografi dari beberapa ahli


Pengertian Georafi bisa dicek disini

Untuk mempermudah memahami istilah terkait ruang dalam geografi dapat melihat ilustrasi (gambar) diatas

  1. Ruang (space) adalah ruang (area) di atas permukaan bumi. Adapun area ini meliputi perairan dan daratan.
  2. Lokasi (location) adalah posisi absolut dan relatif yang tertentu dalam ruang permukaan bumi. Adapun penjelasan dari posisi absolut dan relatif sebagai berikut:
    • lokasi absolut adalah lokasi berdasarkan koordinat. Contohnya rumah A terletak di lokasi 1060 30‘ 30“ BT, 060 20‘ 20“ LS
    • Lokasi relatif adalah lokasi relatif terhadap tempat lain. Contohnya rumah A terletak sekitar 100 meter masuk kedalam dari Gang Pahlawan yang berada di Jl. H. Juanda
  3. Tempat (place) adalah area tertentu di atas permukaan bumi yang bersifat unik/umum tergantung perspektif kita. Contoh rumah sakit.
  4. Wilayah (region) adalah suatu area yang mempunyai satu kesamaan (homogenitas). Wilayah dibedakan menjadi dua, yaitu :
    • Region formal (homogen) adalah wilayah yang mempunyai suatu kesamaan yang bersifat formal. Contohnya region politik (negara), region fisik, region budaya (cultural region), region pertanian (agricultural region). 
    • Region nodal (functional) adalah wilayah yang mempunyai kesamaan berdasarkan fungsinya. Contohnya CBD (central business district).

Semoga dengan memahami istilah terkait ruang dalam geografi meminimalisasi salah pengertian terhadap beberapa istilah diatas.


artkiel ini, Ruang dan Geografi (Definisi Beberapa Istilah Terkait Ruang Dalam Geografi) dibuat oleh gispedia








Posting Komentar untuk "Ruang dan Geografi (Definisi Beberapa Istilah Terkait Ruang Dalam Geografi)"