Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pengolahan Citra Satelit MTSAT dan MODIS via Bimbingan Teknis Online (LAPAN)


Perkembangan teknologi satelit untuk mengetahui kondisi atmosfer bumi semakin canggih. Data citra satelit seperti MTSAT dan MODIS bisa didapatkan secara gratis sehingga kita dapat mengunduhnya secara Cuma-Cuma.

LAPAN atau Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional mengeluarkan tutorial online yaitu “Bimbingan Teknis Online” atau Bimtek online yang merupakan fitur Bisma yang memberikan tutorial pengolahan beberapa data yang ada di Bisma (MTSAT dan MODIS).





Gambar diatas adalah salah satu contoh hasil pengolahan citra MTSAT menggunakan software GrADS. Sebelumnya pada beberapa waktu yang lalu Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA) – LAPAN bekerja sama dengan Departemen Geofisika dan Meteorologi Institut Pertanian Bogor (IPB) menyelenggarakan bimtek Pengolahan Data Atmosfer Berbasis Satelit, khususnya Satelit MODIS dan MTSAT. Bimtek dilaksanakan di Kampus IPB Dramaga, Selasa (13/10) (sumber).

Dengan memasuki alamat (http://bisma.sains.lapan.go.id/bimtekonline/), kita akan dipandu dalam mengolah citra satelit MTSAT dan MODIS




artkiel ini, Cara Pengolahan Citra Satelit MTSAT dan MODIS via Bimbingan Teknis Online (LAPAN) oleh gispedia

Posting Komentar untuk "Cara Pengolahan Citra Satelit MTSAT dan MODIS via Bimbingan Teknis Online (LAPAN)"